Cara dan tips menghadapi musim pancaroba



CARA DAN TIPS HIDUP SEHAT PADA SAAT MUSIM PANCAROBA


Musim pancaroba selalu identik dengan hadirnya berbagai penyakit. Sebut saja demam berdarah, tifus, diare, dan flu adalah penyakit yang cukup banyak terjadi selama pergantian musim ini. Saat memasuki pergantian musim, cuaca menjadi tidak menentu. Siang hari bisa saja matahari terasa terik, lalu hujan tiba-tiba turun dengan deras pada sore atau malam hari. Belum lagi dengan intensitas angin yang akan bertiup lebih kencang daripada biasanya. 

Akibat hal ini, tubuh harus memiliki daya tahan yang optimal. Jika tidak, maka tubuh kesulitan beradaptasi dengan baik terhadap perubahan cuaca. Kamu jadi rentan terserang penyakit. Nah, begini cara dan tips menjaga daya tahan tubuh selama musim pancaroba.

1. Makan Makanan Bergizi dan minum vitamin



Pejuang sistem kekebalan tubuh kita membutuhkan makanan yang baik untuk melawan penyakit. Oleh karena itu, makan makanan bergizi seimbang akan sangat membantu. Berikut ini adalah beberapa contoh makanan bergizi yang diperlukan Anda untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya:

  • Makanan yang mengandung karbohidrat, yaitu nasi, ubi, dan jagung. 
  • Makanan sumber protein, seperti telur, daging, ikan, tempe, dan tahu. 
  • Makanan mengandung vitamin dan mineral, seperti buah dan sayur. 
  •  Suplemen khusus berupa vitamin, yang penggunaannya harus sesuai anjuran dokter.
Multifitamin dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau imun. Jika kondisi tubuh fit maka penyakit dan virus akan susah untuk masuk ke dalam tubuh. Mulai sekarang, kamu wajib banyak makan sayuran dan buah, serta hindari makanan cepat saji atau tinggi lemak serta jangan lupa minum multivitamin.

2. Banyak  minum air putih



                                 
Selain makan makanan bergizi, kamu juga harus menjaga konsumsi cairan harian. Jangan sampai kamu kurang cairan, karena akan membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi. Tetap minum sebanyak delapan gelas setiap hari. Kurangi konsumsi minuman bersoda, tinggi gula, atau kafein, karena akan mudah membuat perut kembung. 

3. Istirahat yang cukup



                                  
Salah satu cara yang paling tepat agar tubuh tetap sehat adalah cukup tidur. Itu berarti kamu harus tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam. Saat kamu tidur, tubuh akan menggunakan waktu itu untuk melakukan pemulihan kritis dan perbaikan fungsi-fungsi penting, termasuk sistem kekebalan tubuh. Penelitian juga menemukan bahwa seseorang yang tidak cukup tidur selama satu malam saja dapat berkurang kekebalannya hingga 70 %. 

4.Mengendalikan Stres 



Stres dapat mempengaruhi kekebalan tubuh Anda, bahkan jika Anda sudah termasuk dalam kategori stres akut atau kronis maka hal ini akan berdampak buruk bagi kekebalan tubuh Anda, karena stress akut yang berkepanjangan dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga menjadi rentan terkena penyakit. Oleh karena itu kendalikan stres Anda agar daya tahan tubuh tetap tejaga baik dan tetap sehat. 

Banyak hal yang bisa lakukan untuk mengurangi stres atau menghindari dari stres, kalian dapat lakukan hal-hal positif seperti membaca buku, mendengarkan lagu kesukaan, menonton film, dan bercanda bersama keluarga. Hal tersebut dapat menghindari kita dari datangnya stres.

5. Menjaga Kebersihan 



Kamu juga wajib menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitar kamu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa menerapkannya dengan cara rutin cuci tangan pakai sabun selama 20 detik, dan membersihkan area tempat tinggalmu. Jika masih ada sampah yang bertumpuk di selokan, segera bersihkan. Jangan lupa juga ikat rapat-rapat semua sampah serta menutup tempat penampungan air agar tidak menjadi sarang nyamuk. Tempat yang kotor akan menjadi rumah bagi hewan-hewan pembawa virus dan bakteri. Ini tentu saja membuat kamu mudah terserang penyakit. 

6. Melakukan olahraga 


                                      
Dengan melakukan olahraga secara teratur dapat mengontrol dan mengatur sel T, yaitu sejenis sel darah putih yang berfungsi untuk menjaga kekebaan tubuh terhadap penyakit atau infeksi serta dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Dalam hasil studi penelitian ditemukan bahwa orang yang rutin berolahraga dengan porsi intensitas sedang seperti jalan cepat secara rutin diyakini dapat membantu menurunkan resiko terkena serangan influenza atau flu sebesar 50%. Untuk itu luangkanlah waktu 30 menit untuk berolahraga dalam sehari. Anda dapat melakukan olahraga seperti voli, futsal dan bulu tangkis. Atau olahraga yang dapat dilakukan di dalam sepeeti push up, sit up dan plank. Olahraga tersebut dapat menghasilkan keringat, bisa mengeluarkan racun dalam tubuh dam hebatnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Membawa Jaket Atau Jas Hujan Kemanapun 




             
Karena kondisi cuaca yang tidak menentu dan berubah ubah, maka anda pun perlu untuk membawa jas hujan ataupun jaket kemanapun ketika anda sedang keluar rumah. Karena hal tersebut sebagai salah satu bentuk antisipasi yang perlu untuk anda lakukan. Perubahan cuaca yang ekstrim tersebut akan membuat anda tidak mengetahui apakah nantinya akan turun hujan atau tidak. Untuk itu, sebaiknya anda perlu berjaga jaga agar dapat terhindar dari penyakit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Bakti Sosial Polteka Mangunwijaya 2019