Kegiatan Bakti Sosial Polteka Mangunwijaya 2019

Bakti Sosial Ke Panti Jompo Wireda Omega Semarang



Bakti Sosial atau lebih dikenal sebagai Baksos merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Bakti Sosial merupakan suatu kegiatan dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merapatkan hubungan kekerabatan kita. Bakti Sosial diadakan dengan tujuan-tujuan tertentu. Bakti Sosial antar warga yang dilakukan oleh sekelompok pemuda-pemudi adalah untuk mewujudkan rasa cinta kasih, rasa saling menolong, dan rasa saling peduli kepada masyarakat. 
Sebagai bentuk rasa kepedulian Mahasiswa dan mahasiswi Polteka Mangunwijaya akan keadaan sekitar, maka kami sebagai sesama umat manusia ingin mengadakan sebuah bentuk kegiatan yang dapat berguna bagi masyarakat sekitar. Banyak pihak yang tidak menyadari bahwa di sekitar kita terdapat orang-orang yang sangat membutuhkan perhatian dari kita. Dengan keterkaitan antara nilai-nilai luhur kemanusiaan tersebut, maka kami merencanakan untuk mengadakan sebuah bakti sosial ke Panti Jompo Wireda Omega Jl. Rorojongrang No.1, Manyaran, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50148. 
Kegiatan Bakti Sosial ini sendiripun sebenarnya merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial kita untuk dapat memberikan manfaat terhadap masyarakat, khususnya pada Lansia di lingkungan Panti Jompo. Atas dasar tersebut, kami siap untuk mewujudkan kegiatan ini. Dengan dukungan beserta semangat kami yang ingin mengabdi kepada masyarakat. 
Oleh karena itu, untuk mengikuti panggilan jiwa , kami sebagai mahasiswa-mahasiswi Politeknik Katolik Mangunwijaya Semarang. berniat untuk membantu sesama kami dengan melakukan kegiatan sosial. Dengan adanya kegiatan kunjungan sosial ke Panti Jompo ini, diharapkan dapat memberikan arti khusus baik bagi para Lansia maupun kami para mahasiswa-mahasiswi Politeknik Katolik Mangunwijaya Semarang. Bagi para Lansia, arti khusus ini dapat berupa semangat dan penghiburan sehingga mereka menyadari ketulusan dari orang-orang sekitar yang masih peduli dengan mereka. Sedangkan bagi para mahasiswa-mahasiswi, arti khusus ini dapat berupa pengalaman berharga dimana kita bisa belajar untuk menghargai orang lain dan memperlakukan mereka dengan selayaknya.
Sehubungan dengan anggota kami menganut agama yang berbeda-beda dan Panti Jompo yang kami kunjungi ternyata merupakan Panti Jompo Katolik, kami tetap tulus dalam melakukan kegiatan ini. Justru dengan adanya kegiatan ini, kami juga dapat belajar kebiasaan umat Katolik dalam beribadah maupun kehidupan sehari-harinya. Sehingga, ilmu yang kami dapatkan pun tidak hanya sebatas kehidupan sosial namun juga kehidupan keagamaan. Kami yakin dengan adanya kegiatan ini, kami semakin terlatih untuk menghargai orang lain tanpa memanda adanya perbedaan baik secara keagamaan maupun usia. Selain itu, kami juga dapat belajar untuk menghargai perbedaan kebiasaan yang kami terapkan dalam agama yang kami yakini.
Disini kami mendapatkan pengalaman berharga saat mendampingi Opa Oma yang tinggal di Panti Jompo. Kami berkesempatan mendengarkan kisah dari Opa Oma yang tentunya mendidik dan berarti bagi kehidupan kami di masa yang akan datang. Dari kegiatan ini pula kami disadarkan pada kenyataan bahwa Opa Oma merasa kesepian dan membutuhkan perhatian lebih dari pengunjung yang datang. Mereka sangat tegar dalam menjalani hidup walaupun sesungguhnya mereka rindu pada orang yang mereka sayangi. Kami belajar banyak untuk menghargai orang yang lebih tua terutama orangtua kami. Mendengar kisah mereka membuat kami ingin menjadi anak yang berbakti yang selalu ada dan membalas budi orangtua ketika mereka tua nanti. Kegiatan ini memberikan dampak yang positif bagi kami semua.
Kegiatan sosial yang kami adakan walaupun tidak sebagus dan semenarik organisasi lain yang datang berkunjung ke panti ini, namun setidaknya masih dapat sedikit menghibur para Lansia yang tinggal di panti ini. Banyak hal yang baru kami ketahui setelah melakukan kunjungan baik dalam hal positif maupun negatif, namun semua itu menyadarkan kami pada kenyataan yang nantinya akan kami alami. Dengan mendengarkan cerita, kami belajar untuk dapat lebih membahagiakan orang tua dan juga untuk menghargai hidup ini sebaik mungkin.  Dengan makan dan nyanyi bersama, kami belajar untuk menghargai kebersamaan yang ada dengan sesama satu sama lain. Akhir kata, berada di panti ini membuat kami lebih terdorong untuk membahagiakan para Lansia yang ada disini.

Terima Kasih.... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini